Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekilas tentang Pengalaman Pengguna (UX)?

Istilah UX sering dihubungkan dengan teknologi, desain web, desain software, dan desain aplikasi.

Istilah UX adalah singkatan dari User eXperience. Dalam bahasa Indonesia, user experience diterjemahkan sebagai pengalaman pengguna. Saya menggunakan istilah pengalaman pengguna dan UX secara bergantian dalam artikel ini.


Apa itu pengalaman pengguna (UX)?

Berikut ini beberapa definisi tentang pengalaman pengguna (UX).

Salah satu definisi yang teknis tentang pengalaman pengguna ada pada ISO 9241-210. Pengalaman pengguna (UX) adalah persepsi dan respons individu yang dihasilkan dari penggunaan atau antisipasi penggunaan terhatap produk, layanan, atau sistem.

Grup Nielsen-Norman menyatakan bahwa pengalaman pengguna (UX) mencakup semua aspek interaksi pengguna akhir (end-user) dengan perusahaan, layanannya, dan produknya. Persyaratan pertama dari pengalaman pengguna yang patut dicontoh adalah bagaimana memenuhi kebutuhan pelanggan secara tepat tanpa menimbulkan kerepotan.

Persyaratan berikutnya, menurut Grup Nielsen-Norman, adalah kesederhanaan dan keanggunan yang menjadikan produk menyenangkan untuk dimiliki, menyenangkan untuk digunakan. Untuk mencapai pengalaman pengguna berkualitas tinggi harus ada penggabungan layanan dari berbagai disiplin ilmu, termasuk teknik, pemasaran, desain grafis dan industri, serta desain antarmuka.

Steve Krug menyatakan kalau istilah pengalaman pengguna berhubungan dengan dua hal. Pertama, penelitian mengenai UX (UX Research) yang merupakan proses mencari tahu bagaimana orang memandang dan berinteraksi dengan suatu produk, sistem, atau layanan. Kedua, desain UX (UX Design), yaitu metode untuk meningkatkan atau memanipulasi suatu hal (produk, sistem, layanan) sehingga bisa diketahui seberapa berguna/mudah/menyenangkan/dapat dipasarkan/dapat membuat ketagihan hal tersebut.

Steve Krug juga menyatakan bahwa UX pada awalnya merupakan turunan dari Ergonomics, User Centered Design, dan Usability/Information Architecture sampai dengan terjadinya kesuksesan iPhone, UX kemudian berubah menjadi bidang yang punya 46 subspesialisasi dan memilki rasa mengikuti apa yang sedang populer pada saat ini.

Wikipedia memberi definisi pengalaman pengguna (UX) adalah emosi dan sikap seseorang tentang penggunaan produk, sistem, atau layanan tertentu. Ini mencakup aspek praktis, pengalaman, afektif, makna, dan kebernilaian dari interaksi manusia-komputer dan kepemilikan produk. Selain itu, ini mencakup persepsi seseorang tentang aspek-aspek sistem seperti utilitas, kemudahan penggunaan, dan efisiensi.

Pengalaman pengguna mungkin bersifat subjektif, sejauh itu tentang persepsi dan pemikiran individu terkait suatu produk atau sistem. Pengalaman pengguna bervariasi secara dinamis, terus berubah dari waktu ke waktu karena keadaan penggunaan yang berubah. Sederhananya, pengalaman pengguna adalah tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan suatu produk (sekaligus pengalaman pengguna tersebut).

Penjelasan di dalam situs Interaction-Design.org menyatakan definisi pengalaman pengguna (UX) adalah kualitas pengalaman yang dimiliki seseorang saat berinteraksi dengan desain tertentu.

Jesse James Garrett menyatakan bahwa pengalaman pengguna (UX) bukan tentang apa yang bekerja di dalam suatu produk atau layanan. Pengalaman pengguna adalah tentang apa yang bekerja di luar ketika seseorang berhubungan suatu produk atau layanan.

Matthew Magain (UX Mastery) menyatakan pengalaman pengguna (UX) adalah segala sesuatu yang mempengaruhi interaksi dari pengguna dengan suatu produk.

Asal term UX

Istilah UX atau pengalaman pengguna dipopulerkan oleh Don Norman (Donald Norman) pada pertengahan tahun 1990-an.

Menurut Don Norman, ia menemukan istilah tersebut karena menurutnya pengertian antarmuka manusia (human interface) dan kebergunaan (usability) terlalu terbatas. Ia ingin konsep dari pengalaman pengguna (UX) mencakup semua aspek pengalaman orang dengan sistem termasuk desain industri, grafik, antarmuka, interaksi fisik, dan manual.

Posting Komentar untuk "Sekilas tentang Pengalaman Pengguna (UX)?"