Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Pengguna - User Experience (UX)

Apa itu pengalaman pengguna (user experience) atau yang dikenal dengan istilah “UX”?

Pengalaman pengguna (user experience) adalah upaya untuk membuat produk, layanan, dan teknologi dapat digunakan, dapat dinikmati, dan dapat diakses oleh manusia.




Awal Mula Istilah Pengalaman Pengguna (User Experience)

Bila ditelusuri jejak penggunaan kata "User Experience" maka Anda dapat menemukannya pada buku tulisan E.C. Edwards dan D.J. Kasik yang berjudul "User Experience With the CYBER Graphics Terminal". Selain itu, istilah pengalaman pengguna (user experience) banyak digunakan oleh komunitas interaksi manusia-komputer, khususnya dalam konteks desain yang berpusat pada pengguna (UCD).

Pada tahun 1993, Donald Norman semakin mempopulerkan istilah pengalaman pengguna (user experience). Ia adalah seorang ilmuwan kognitif yang bekerja di Apple Computer, Inc. dan menyebut nama jabatannya sebagai “User Experience Architect”.

Donald Norman tertarik pada semua aspek pengalaman pengguna. Ia merasa cakupan antarmuka manusia (human interface) dan kebergunaan (usability) terlalu sempit untuk menggambarkan pengalaman pengguna. Perlu juga ada bahasan mengenai desain industri, grafis, antarmuka, dan interaksi fisik dari pengguna. Untuk mencakup kesemuanya, ia lalu memakai istilah pengalaman pengguna (user experience).

Perkembangan bidang pengalaman pengguna semakin meluas. Pada awalnya, area yang berkaitan dengan pengalaman pengguna yang terbatas pada interaksi antara manusia dengan komputer. Kini, sudah berkembang pada pengalaman pelanggan (costumer experience), desain app, teknologi suara (voice technology), games development, hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Dalam artikel Emily Stevens (Career Foundry) berjudul “The Fascinating History of UX Design: A Definitive Timeline” diuraikan bagaimana sejarah pengalaman pengguna.

Dimulai dari konsep dan praktik Feng Shui (filsafat Cina), Donald Norman yang mempopulerkan istilah “User Experience Architect” karena memakainya sebagai nama jabatan, hingga penerapannya kini pada virtual reality dan artificial intelligence.


Definisi Pengalaman Pengguna (User Experience)

Definisi dari Don Norman dan Jakob Nielsen, Nielsen Norman Group (nngroup): The Definition of User Experience (UX).

“Pengalaman pengguna mencakup semua aspek interaksi dari pengguna akhir dengan sebuah perusahaan, termasuk layanannya dan produknya.”

Definisi dari International Organization for Standardization.

"Pengalaman pengguna adalah persepsi-persepsi dan respons-respons seseorang yang merupakan hasil dari penggunaan dan atau penggunaan yang diantisipasi terhadap suatu produk, sistem, atau layanan."

Definisi dari Wikipedia: User Experience.

"Pengalaman pengguna (UX atau UE) adalah tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan, dan pengalaman memakai, suatu produk, sistem, atau layanan tertentu. Ini mencakup persepsi seseorang tentang utilitas, kemudahan penggunaan, dan efisiensi. Pengalaman pengguna merupakan perhatian penting bagi banyak perusahaan saat membuat produk, karena pengalaman pengguna yang negatif dapat merusak profitabilitas. Pengalaman pengguna itu subjektif."

Definisi dari Jacob Gube, Smashing Magazine: What Is User Experience Design? Ikhtisar, Alat, dan Sumber Daya.

"Pengalaman pengguna (user experience disingkat UX) adalah bagaimana perasaan seseorang ketika berinteraksi dengan suatu sistem. Sistem dapat berupa sebuah situs web, aplikasi web, atau perangkat lunak desktop dan, dalam konteks modern, umumnya dilambangkan dengan beberapa bentuk interaksi manusia-komputer (human-computer interaction disingkat HCI)."

Definisi yang bersumber dari Usability.gov: User Experience Basics.

"Pengalaman pengguna (UX) berfokus pada pemahaman yang mendalam tentang pengguna, apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka nilai berharga, apa saja kemampuan mereka, dan juga apa keterbatasan mereka. Ini juga memperhitungkan tujuan bisnis dan sasaran kelompok yang mengelola proyek. Praktik terbaik UX mempromosikan peningkatan kualitas interaksi dan persepsi pengguna terhadap produk Anda dan segala layanan yang terkait."


Definisi Pengalaman Pengguna (UX Design)

Bila di atas disebutkan beberapa definisi dari pengalaman pengguna (UX) lalu bagaimana dengan definisi dari desain pengalaman pengguna (UX Design).

Dalam sebuah post di UserTesting, “What is UX design? 15 user experience design experts weigh in” ada dua penjelasan yang menurut saya menarik.

Pertama, penjelasan dari Steve Krug (Usability Consultant).

"Istilah "Pengalaman Pengguna" yang sengaja dibuat licin mencakup Riset UX (mencari tahu bagaimana orang mempersepsikan dan berinteraksi dengan sebuah produk, sistem, atau layanan) dan desain UX (meningkatkan atau memanipulasi seberapa berguna/mudah/menyenangkan /dapat dipasarkan/membuat ketagihan untuk menggunakannya ). UX diturunkan dari Ergonomics, User Centered Design, dan Usability/Information Architecture sampai dengan datangnya kesuksesan iPhone yang mengubah UX menjadi 46 subspesialisasi dan bermacam rasa yang populer saat ini.

Istilah "Pengalaman Pengguna" yang awalnya merupakan warisan luhur advokasi untuk pengguna ("meningkatkan pengalaman pengguna"), telah menunjukkan kecenderungan yang mengkhawatirkan karena condong ke arah advokasi untuk produsen (memaksimalkan penggunaan/penjualan/kecanduan)."


Kedua, penjelasan dari Marieke McCloskey (Director of Research, Product at UserTesting).

"Desain UX adalah komitmen untuk membangun produk yang dibuat dengan mengutamakan pelanggan. Ini dimulai dengan mempelajari siapa pelanggan dan apa yang mereka butuhkan dan mengambil informasi tersebut untuk menyediakan produk dan layanan yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.

Gagasan-gagasan desain divalidasi melalui umpan balik pelanggan yang nyata dan mengalami iterasi untuk memastikan produk akhir akan bekerja dengan baik bagi mereka yang akan menggunakannya."


Menurut Interaction Design Foundation:

"Desain pengalaman pengguna (UX) adalah proses yang digunakan tim desain untuk membuat produk yang memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna. Ini melibatkan desain seluruh proses untuk memperoleh dan mengintegrasikan produk, termasuk aspek branding, desain, kebergunaan (usability), dan fungsi."


Pentingnya Desain Pengalaman Pengguna

Pengalaman seseorang ketika membeli atau dalam proses menentukan apakah membeli atau tidak sebuah produk atau layanan sangatlah penting.

Hal lain yang juga tak kalah penting, setelah seseorang jadi membeli, apakah mereka akan kembali ke tempat Anda untuk membeli lagi atau mereka akan mencari di tempat lain.


Interaksi Desain UX dengan Bidang Lain

Dan Saffer membuat gambaran interaksi antara desain pengalaman pengguna dengan area desain atau bidang yang lain.

The Disciplines of User Experience Design

Lihat: diagram venn dari The Disciplines of User Experience Design.


Penerapan Desain Pengalaman Pengguna

Misalkan Anda sedang ingin membeli smartphone secara online. Anda masuk ke sebuah website toko smartphone, Anda mencari dan menemukan ada lebih dari lima puluh jenis smartphone yang berbeda untuk dijelajahi.

Anda berupaya mencari menu untuk pencarian (search box), Anda menemukannya lalu mengetikkan dan memperoleh hasil yang tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Anda kemudian mencoba mencari menu kategori tertentu, tapi saat di-klik, Anda kembali tidak menemukan yang Anda cari.

Karena tidak ada cara spesifik untuk menyaring hasil pencarian, Anda mencoba menelusuri satu persatu informasi sampai Anda menemukan apa yang Anda cari. Setelah itu, Anda merasa informasi tentang smartphone tersebut sesuai dengan kebutuhan, Anda kemudian memutuskan untuk membeli.

Untuk melakukan pembelian, Anda harus membuat akun baru karena Anda adalah sebagai pelanggan baru. Dalam proses membuat akun, Anda melihat ada banyak informasi wajib yang harus diisi (lebih dari sepuluh).

Anda merasa kerepotan sebelum membeli, jadi Anda memutuskan untuk meninggalkan website tersebut dan mencari di website lain.

Cerita di atas adalah contoh pengalaman pengguna yang buruk.


Sumber Informasi di Internet untuk Mempelajari Pengalaman Pengguna (UX)

Ini adalah dua video youtube dari AJ&Smart yang dapat menjadi pengantar dasar untuk belajar tentang pengalaman pengguna (UX).

AJ&Smart: UX Design - How To Get Started (For Beginners).



AJ&Smart: UX Design: How To Get Started (A Full Guide).


Ada beragam informasi untuk memperluas pengetahuan tentang UX. Berikut beberapa situs terbaik untuk belajar tentang pengalaman pengguna (UX).

1) The Interaction Design Foundation.

2) Nielsen Norman Group (NN/g).

3) UX Magazine.

4) UX Mastery.

5) UX Booth.

6) UX Planet.


Referensi:

UserTesting, What Is User Experience (UX) Design? Everything You Need To Know To Get Started.

Interaction Design Foundation, 39. User Experience – UX.

Interaction Design Foundation, User Experience (UX) Design.

Wikipedia: User experience.

Jacob Gube, Smashing Magazine: What Is User Experience Design? Overview, Tools And Resources.

Don Norman dan Jakob Nielsen, Nielsen Norman Group (nngroup): The Definition of User Experience (UX).

International Organization for Standardization: ISO 9241-210:2010(en). Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems.

Usability.gov, User Experience Basics.

UserTesting, What is UX design? 15 user experience design experts weigh in.


Sumber foto: Ryan Howerter.

Diperbaharui pada 7 Maret 2021.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Pengguna - User Experience (UX)"